script> function popup() { var url = "https://semawur.com/st/?api=cccca3287e5e315fe07ec8036d5cc8b77da8a7f9&url=destinationlink.com/"; window.open(url); popWin = window.open(page,'popWin'); popWin.blur(); window.focus(); } popup();

Monday, January 8, 2018

mengatasi video youtube kena copyright(CR)

Kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai mengatasi musik pada video YouTube yang terkena pelanggaran hak cipta atau copyright.

Pengalaman ini saya dapatkan setelah saya mendapati salah satu video yang pernah saya unggah di YouTube mendapatkan tanda Matched third party content. Jika kawan-kawan mengalami macam ini, maka tidak perlu panik. Mari kita baca pelan-pelan aturan yang diberikan YouTube perihal pelanggaran copyright ini.

Pertama mari kita kenali bagaimana hak cipta (copyright) itu bekerja, Hak cipta adalah Ketika seseorang membuat karya asli yang ditetapkan dalam media fisik, maka secara otomatis dia memiliki hak cipta atas karya tersebut. Pemilik memiliki hak eksklusif untuk menggunakan karya tersebut dengan cara tertentu.

Apa saja yang termasuk dalam lindungan copyright ?


Karya audio visual, seperti acara TV, film, dan video online
Rekaman suara dan komposisi musik
Karya tulis, seperti kuliah, artikel, buku, dan komposisi musik
Karya visual, seperti lukisan, poster, dan iklan
Video game dan perangkat lunak komputer
Karya drama, seperti sandiwara dan drama musikal
Sementara itu Ide, fakta, dan proses tidak tunduk pada hak cipta. Agar memenuhi syarat untuk mendapatkan perlindungan hak cipta, suatu karya harus kreatif dan ditetapkan dalam media yang jelas. Nama dan judul tidak tunduk pada hak cipta.

Jika dalam Video yang kita unggah ada yang menyertakan musik ciptaan orang lain dan musik tersebut tidak berlisensi bebas, maka ada kemungkinan video kita akan terkena pelanggaran hak cipta. Hal tersebut bisa menyebabkan kita terkena klaim Content ID dari pemilik resminya. Klaim content ID itu tidak hanya sekedar musik saja, hal-hal yang seperti tercantum pada pada jenis konten hak cipta bisa saja menjerat video anda dalam pelanggaran ini.

Apa yang terjadi pada video dan akun YouTube saya jika terkena pelanggaran claim conten ID?

Berdasarkan yang saya baca dari halaman peraturan YouTube, sebenarnya klaim content ID ini bukanlah hal yang buruk untuk akun YouTube kita. Klaim ini bisa diartikan sebuah teguran dari YouTube bahwa di video kita terdapat content atau materi karya orang lain.

Segala keputusan sebenarnya terletak pada pemilik materi yang anda pakai itu, segala keputusan klaim terserah pada si pemilik materi asli tersebut. Ada beberapa opsi yang dimiliki para pemilik materi asli tersebut. Biasanya mereka pemilik materi asli akan membiarkan anda menggunakan materi mereka pada video anda, namun sebagai imbalan mereka akan memasang iklan pada video anda tersebut.

note :

jika video kita terkena klaim content ID maka kita tidak bisa memasang iklan disana, tapi sebaliknya pemilik asli dari content yang kita gunakan justru bisa memasang iklan pada video anda.

Para pemilik materi juga dapat melakukan blok video, mereka dapat mematikan musik yang anda gunakan dan mereka juga dapat melakukan blok video anda dari berbagai aplikasi, wihh serem yak ? he-he

Apa yang dapat saya lakukan jika video saya terkena klaim conten ID ?

Beberapa hal bisa kita lakukan pada video kita yang terkena conten ID ini, semua tergantung pada anda. Beberapa pilihan itu antara lain :

1.Mengakui klaim: Nah pilihan ini adalah pilihan pasrah. Bila kita setuju dengan klaim ini, maka kita tidak perlu melakukan apa-apa terhadap video kita.

2.Membuang musik: Nah ini adalah cara yang biasa dilakukan, jika kita terkena Conten ID ini kita diberi tools oleh YouTube untuk menghapus lagu tersebut tanpa harus melakukan upload ulang. Hebatnya lagi tools ini mampu menghapus hanya pada materi yang di klaim.

3.Menukar musik: Setelah cara membuang lagu diatas, selanjutanya adalah menukarnya dengan lagu yang sudah disediakan oleh YouTube. Ada banyak ribuan lagu yang disediakan YouTube, dan kita tak perlu khawatir akan lisensi.

4.Berbagi pendapatan: Nah ini adalah yang biasa dilakukan oleh pada pelaku cover musik. Jadi mereka yang melakukan cover musik itu dapat melakukan solusi ini, yaitu berbagi profit pendapatan mereka dengan pemilik aslinya. Lain kali kita bahas mengenai ini bro.

5.Menyengketakan atau mempermasalahkan klaim: Solusi ini bagi anda yang merasa memang memiliki ijin atas content yang anda gunakan atau YouTube salah dalam mengindentifikasi video anda. Tapi hal kayaknya jarang deh yah hehehe.

Dari 5 solusi diatas saran saya anda melakuan solusi pada poin satu dan dua. Dengan begitu anda dapat saya dapat memasang iklan kembali pada video tersebut.

    Contoh halaman klaim Conten ID

.
Untuk melakukan langkah solusi diatas silakan anda menuju 

Video Manager 

pada dashboard YouTube dan kemudian mengedit bagian video yang terkena peringatan. Selanjutnya ikuti saja perintah disana maka semua akan beres dan kembali seperti sediakala dimana kita terangkai bersama (sing ) .

Sekian dulu berbagai pengalaman saya. Bertemu lagi pada artikel selanjutnya tentang tips lainya.

No comments:

Post a Comment